Sejarah MS Dos

MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, Adalah sebuah Sistem Operasi yang sangat Banyak digunakan oleh komputer atau yang IBM-PC Kompatibel dengannya. sebagai Microsoft MS-DOS membuat sebuah Sistem Operasi current menghentikan sebelum pada akhirnya MS-DOS dukungan Secara perlahan Merek ketika membuat sebuah Sistem Operasi berbasis antarmuka Grafis (Juga dikenal denga sebutan GUI) incorporating Skip untuk, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis Tahuna Pertama kali pada 1981, give Seiringer waktu dengue Microsoft version meluncurkan pun yang baru dari Lebihan MS-DOS. Tidak kurang kali Hinggan Delap Microsoft meluncurkan version-version baru dari MS-DOS Tahuna Hinggan menghentikan 1981 Microsoft MS-DOS dukungan Tahuna pada 2000. MS-DOS saturation salah merupakan kunci keberhasilan Microsoft Lunak Dalam perangkat memproduksi, pembuat Kecil dari sebuah perusahaan Bahasa pemrograman Saat menjadi sebuah perusahaan didirikan Hinggan perangkat seolah Dunia yang menguasai Lunak.

Sejarah
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang Bernama Seattle Computer Products (SCP) dikepalai yang oleh Tim Patterson – belakangan direkrut yang oleh untuk mengembangkan Microsoft DOS – Tahuna pada 1980 sebagai sebuah perangkat Lunak Sistem Operasi denga nama Q-DOS (singkatan Dari quick and Dirty Operating System), yang namanya menjadi selanjutnya diubah 86-DOS, Q-DOS Karena didesain agar dapat berjalan pada komputer denga prosesor Intel 8086. Microsoft lisensinya pun membeli dengn harga dari Amerika $ 50,000 SCP, Lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, IBM hendak Saat komputer pribadi yang disebut denga meluncurkan IBM PC, Microsoft menjual lisensi pun MS-DOS kepada IBM.
Pengembangan
IBM gives Microsoft selanjutnya merilis-DOS version version; di mana komputer langsung yang version dibundel IBM IBM PC denga denga disebut , IBM PC-DOS  (singkatan Dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). awalnya Pada, IBM switched Hanya menggunakan yang digunakan dari layak dirilis MS-DOS Microsoft yang olé, utilitas atau seperti yang programnya disertakannya programming. Karena itulah, IBM version dirilis selalu Lebihan dibandingkan denga Lambat MS-DOS version. Tapi, MS-DOS version 4.0 Adalah Pertama MS-DOS version Benar Benar-yang sama seperti IBM PC-DOS, Microsoft Karena berkonsenstrasi Sedang untuk sebuah penerus DOS mengembangkan Sistem Operasi yang disebut denga OS / 2.
Microsoft, ketika kepada melisensikan IBM DOS, menandatangani perjanjian lisensi yang salah boleh Bahwan poinnya mengandung melisensikan saturation Microsoft MS-DOS IBM selain kepada perusahaan give dipersilakan paragraph mengubah nama perusahaan tersebut MS-DOS Merek yang menjadi nama Günak (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, give lainnya). Version-version Kebanyakan tersebut tentu sama Saja yang Telah denga version olé denga dikembangkan Microsoft MS-DOS-nya, tapi Microsoft Lallman mencabut perjanjian lisensinya paragraph perusahaan sehingga menggunakan nama remained Haruz MS-DOS, nama yang sebelumnya Telah bukannya dikustomisasi. IBM Hanya yang diberikan untuk terus menggunakan nama keleluasaan IBM PC-DOS, MS-DOS bukannya.

MS-DOS berkembang pun cukup cepat denga, FITUR denga signifikan FITUR-yang diambil dari beberapa lainnya seperti Sistem Operasi Microsoft Xenix – Varian saturation salah dikembangkan Sistem Operasi yang oleh UNIX Microsoft – give Milik DR-DOS Digital Research, Serta produk-produk utilitas lainnya seperti dari Symantec Norton Utilities Corporation (produk yang seperti diadopsi Microsoft Disk Defragmenter), PC-Tools Central Dari points (produk yang seperti diadopsi Microsoft Anti-Virus), atau diperluas Memori hypermile EMM (Expanded Memory Manager) QEMM Quarterdeck Dari (EMM386 diadopsi seperti produk Yang), hard kompresi (atau disk compression) DriveSpace Dari Stac Electronics, Masih Banyak produk yang lainnya give diadopsi.
Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor Ketika baru yang disebut denga Intel 80286, Microsoft give IBM DOS memulai Proyek Sistem Operasi yang baru disebut pengganti denga OS / 2, Adalah yang pada dasarnya MS-DOS version yang berjalan Dalam modus terproteksi (protected mode). Tapi, Microsoft meninggalkan Proyek OS / 2 tersebut untuk pengembangan pada memfokuskan DIRI Microsoft Windows are Microsoft Windows NT. Digital Research membuat sebuah antarmuka Grafis yang disebut denga GEM, tapi sangat kurang populer pada komputer atau Kompatibel IBM PC. GEM ternyata mendapat pasarnya komputer pada Mesin Atari ST, tapi akhirnya disalip lagi oleh Microsoft Windows 3.0 version dengue.
MS-DOS version
MS-DOS version 1.xx
Ini Adalah Awal di mana version of MS-DOS diluncurkan Pertama kali oleh Microsoft. Isinya, tentu sangat Saja Primitif give Berisi kerangka Hanya Dasar Saja: grafik untuk tidak ada tampilan mengelola Berkes, tidak mendukung Jaring. Pokoknya, DOS version Bersih Pertama dari ini-embelica embelica. Versi Pertama ini Hanya dari DOS IBM PC model 5150 mendukung give perangkat Keras Semu pendukungnya, Hanya seperti mendukung Disket one side floppy disk ukuran 5 ½ berkapasitas denga Saja incidence 160K.
Tahuna Selanga saturation kira-kira, Akan masyarakat di mana produk encourage IBM PC, Microsoft pun untuk membuat perbaikan MSDOS, DOS version are muncullah 1.1. Sebenarnya, olé IBM initiative diakibatkan hal produk yang baru meluncurkan drive double-side Disket untuk ukuran 5 ½ 320k denga berkapasitas incidents. Double-side Penggunaan Bagi sangatlah floppy disk berpengaruh, Karena penyimpanan media tersebut dapat dua kali menyimpan dibandingkan denga Lebihan Banyak Disket one-sided disc. Disket tertawa kapasitas Jangan melihat yang oleh didukung MS-DOS 1.1. Anda tidak akan mendapatkan kapasitas puluhan megabytes gigabytes ataupun. Bahk Masih Saja hard disk microcomputer jarang pada ditemui give memilikinya Hanya yang Apple III.
Setelah ITU menampakkan DIRI untuk Microsoft MS-DOS menjual kepada para kompetitor semacam klon yang membuat IBM IBM PC 5150. Microsoft memberinya version 1.25. Rupa sedemikian didesain Karena menggunakan denga falsafah open architecture, Apple seperti tidak maka give klon terhadap Commodore IBM PC pun dapat dilakukan. Karena Dan itulah give klon IBM PC IBM PC IBM PC yang sangat denga Kompatibel suks di Pasaran. Ini merupakan tiga perusahaan kesuksesan: IBM, Intel, Microsoft give tentu Saja. Hanya saja, memang Skip ITU kala ole digerogoti IBM Compaq, Hewlett-Packard, Dell Computer Corporation Juga give klon yang membuat IBM PC.
MS-DOS version 2.xx
Tahuna Pada awal 1983, meluncurkan IBM PC XT IBM (Technology Extended), sebagai perbaikan dari IBM PC version 5150. IBM PC XT dilengkapi denga sebuah 10M hard drive, Masuka antarmuka / kelu berjenis serial (RS-232 antarmuka Lebihan atau denga dikenal COM) denga kapasitas 128K RAM, 360K drive sebuah double-sided slot ekspansi give tiga buah. Tentu saja, penggunaan beberapa perangkat Keras hard disk baru seperti give berkapasitas unit Disket 360K (40K Lebihan Tinggi dari pada pada double-sided version IBM PC 5150) membutuhkan sebuah Sistem Operasi give Microsoft mengecewakan tidak IBM. Merek denga SIGAP cepat merilis give MS-DOS version 2.0. IBM PC XT Akhirnya denga dibundel IBM PC-DOS 2.0.
MS-DOS version 2.0 memiliki perbaikan Banyak sekali dari MS-DOS 1.1 untuk komputer yang ditujukan IBM PC 5150. Di antaranya dukungan Adalah untuk penggunaan yang hierarkis direktori struktur (bercabang) seperti layaknya Akar yang memiliki sebuah Pohon (root) Cabanga dan (branch). Selain ITU, MS-DOS 2.0 mendukung Juga yang macam dari berbagai fungsi diadopsi UNIX, seperti penggunaan Halny I / O redirection they queue (u0026gt;, u0026gt; u0026gt;, u0026lt; u0026lt; u0026lt;.) Spooler Fitur FITUR Adalah yang dapat menyimpan Berka yang Akan Dalam sebuah dicetak Memori yang tidak Berka penyangga sehingga langsung dicetak dicetak Akan, melainkan terlebih dahulu disimp. Adalah Tujuannya agar proses cepat dapat berlangsung pencetakan Secara Lebihan give direpotkan pengguna untuk tidak Haruz mencetak keseluruhan Jika Habis kertasnya Berka, tombola Kertas melainkan Hanya membutuhkan baru untuk menekan give melanjutkan resume. Sedangkan I / O redirection input berfungsi untuk melakukan fungsi yang dilakukan dari give out perintah baris. Kedu Selain dari yang FITUR diadopsi UNIX, DOS version 2.0 keleluasaan memberikan kepada Anda Juga agar dapat untuk memasang DOS driver, dengue mengintegrasikannya di Dalam konfigurasi Berka CONFIG.SYS.
Ternyata, IBM PC XT komputer ini sangat suks: Bahk kesuksesannya mencapai Jepang. Kanji mendukung untuk Bahasa Jepang, Microsoft memutuskan untuk meluncurkan MS-DOS version 2.05.
Tahuna Pada yang sama, meluncurkan IBM IBM PC Jr. (dibaca: Junior PC). Sayangnya, tidak seperti Kakak-kakaknya, IBM PC Jr. gagal di Pasaran. Ketika diluncurkan, IBM PC IBM PC Jr. memakai-DOS 2.1.
MS-DOS version 3.xx
Meluncurkan IBM IBM PC-AT (Advanced Technology) pada Musim panas 1984. IBM PC AT menggunakan komputer mikroprosesor Intel 80286 (16 bits) berkecepatan 6MHz, berkapasitas RAM disk memory 256K, 1.2M Disket sebuah 5 ¼ incidence, sebuah 20M hard disk, video berwarna give Kartu (standard CGA). Tentu Saja, Microsoft partner bisnis sebagai yang mendukung peluncuran SIGAP Mantap Secara IBM PC-AT version denga TERBARU meluncurkan Juga, MS-DOS 3.0. MS-DOS 3.0 mendukung dimiliki oleh kemampuan yang Semu IBM PC-AT, multitasking kecuali prosesor yang disediakan oleh Intel 80286 MAMPU yang berjalan pada tentunya protected mode.
DOS version 3.0 Adalah fungsi yang dapat mendukung Jaring, walaupun Terbatas denga konsep pada kelompok Jaring Kerjan (Working Group) sebagai sebuah terkoneksi give Klien pada sebuah server. Pengguna dapat menggunakan Teknologi yang dibuat oleh JARING IBM, Token Ring pada Sistem Operasi DOS. Juga mendukung DOS 3.0 disk 3 ½ incidence of low-density yang berkapasitas 720K, DOS 3.3 sedangkan mendukung 3 ½ floppy high density impact berkapasitas 1.44M yang. Dalam DOS version mendukung three Juga dapat pada Partisi hard Hinggan kapasitas yang memiliki 32M, 12M Lebihan dibandingkan denga Tinggi DOS version 2.0.
MS-DOS version 4.xx
Tahuna Pada 1988, Sistem Operasi denga tampilan Grafis Lallman menjamur. Microsoft Windows version 1.0 Tahuna meluncurkan Juga pada Windows 1985 are version 2.0 Tahuna pada 1989. Pada DOS version 4.0 initiative, Microsoft membuat sebuah nama program denga DOS shell Shell, seperti yang memiliki tampilan Milik Executive DOS Windows 1.0 version. ITU Pada Saat, ada sebuah program yang populer shell Juga yang berjalan di ATAS DOS Sistem Operasi, Dengar nama Norton Commander (NC) yang dibuat oleh Peter Norton. Denga menggunakan shell, pengguna dapat mudah Lebihan mengorganisasikan Berka arsip met, the program gives menjalankan, saturation Dalam Layar Saja. Selain ITU, mouse komputer mempermudah pengoperasian Karena dapat, dapat mendukungnya Juga DOS Shell.
Version 4.0 Versi ini merupakan yang Banyak perubahannya fence. Selanjutnya version version-version merupakan perbaikan Saja give utilitas berbagai tambahan.
MS-DOS version 5.xx
IBM memang sudah tidak baru membuat gebrakan-gebrakan mikrokomputer Dalam industrialized Skip Karena yang sebelumnya ini Telah dikuasai IBM Dimak sedikit demi sedikit oleh para kompetitornya, seperti Compaq, Hewlett-Packard, Dell give mikrokomputer Juga Juga yang yang memproduksi Kompatibel denga komputer IBM, Karena menggunakan desain yang sama, mikroprosesor Juga yang sama yang dibuat give ole Intel Corporation. Suks Adalah yang di sini Intel Corporation, Karena mikroprosesor diproduksi Banyak yang digunakan Lebihan Jauhar, Banyak yang akibat permint Lebihan. Karena buat komputer tersebut menggunakan mikroprosesor Intel Corporation, maka yang kedapatan Kedu Adalah suks Microsoft denga DOS-nya. Analis Banyak hal yang ini berpendapat Bahwan disebabkan kegagalan olé IBM IBM PC ketika Merek menjual Jr., Dan IBM P/S2 denga arsitektur Micro Channel Architecture (MCA). Bus yang digunakan oleh MCA IBM P/S2 tidak menggunakan konsep open sebagaimana ISA bus architecture Juga tetapi yang dibuat oleh dengue IBM open architecture. Selain ITU ekspansi menggunakan Kartu, Kartu yang memiliki harga relatif MCA bus Lebihan mahal ISA bus dibandingkan Banyak yang digunakan give ITU Saat menjadi sebuah standar, sehingga di memperlambat penyerapannya mikrokomputer Pass.
Umur memperpanjang memang gagal IBM IBM PC, Microsoft Akan tetapi terus denga meluncurkan mengembangkan DOS MS-DOS version 5.0. 5.0 Versi ini pada Tahuna dirilis 1991, give FITUR yang memiliki berbagai Jauhar Lebihan Baik, device driver Halny seperti yang dapat pada area diinstal 640K Memori di ATAS (HMA), dengue menggunakan parameter Berka DEVICEHIGH pada pada LOADHIGH give konfigurasi CONFIG.SYS Berka AUTOEXEC. MTD memperbanyak kemungkinan sehingga untuk program yang membutuhkan menjalankan conventional memory (memory awal oleh komputer yang dimiliki 640K) yang Lebihan kiss.
Utilitas untuk masalah, Microsoft menambah Banyak sekali utilitas DOS version 5.0 ini Dalam. Di antaranya Berka ASCII editor Adalah teks yang Bernama MS-DOS Editor (EDIT.COM) give Bahasa pemrograman QuickBasic program (QBASIC.EXE). Utilitas dimaksudkan ini untuk yang pada editor menggantikan berorientasi  by baris baris , Edlin.exe yang ada pada DOS version 4.0 are yang sebelumnya.
Selain ASCII editor teks Berka, Microsoft Juga untuk membuat utilitas makro untuk membuat komputer mempercepat denga Kerjan. Program tersebut pembuat dinamakan DOSKEY.COM makro. Ketika dimuat, dapat membuat DOSKEY makro makro give mengeksekusi tersebut. Selain ITU denga DOSKEY dapat menggunakan mempermudah pengetikan perintah yang sama denga perintah sebelumnya sehingga masalah  Capek mengetik  perintah berulang Ulang yang sama-Jauhar Lebihan simpel menjadi mudah dan. untuk melakukannya, pengguna dapat menggunakan Panah tombola ke ke Bawah give ATAS. Fitur seperti ini oleh pada dimiliki Command Windows 2000/XP system.
Utilitas Juga Adalah menarik lainnya yang UNFORMAT.EXE UNDELETE.EXE given. Kedu utilitas tersebut sangat untuk yang Bergun Berka mengembalikan give terhapus yang terformat unit. Mirip UNDELETE.EXE Halny program seperti pada Windows Recycle Bin 95 (seterusnya are yang), Hanya sedikit Saja Merek kelihatan Lebihan rumit dibandingkan denga Recycle Bin yang berjalan pada Windows. UNDELETE.EXE Selain yang berjalan pada command line, DOS version 5.0 ini pada utilitas MWUNDEL.EXE Juga terdapat pada yang berjalan Windows version 3.0, Recycle Bin FITUR sehingga dapat ditemukan Juga pada Windows 3.0.
MS-DOS version 6.xx
MS-DOS version 6.0 dirilis ini pada Tahuna 1993. Versi ini memiliki Banyak utilitas tambahan, seperti Halny Antivirus (MSAV.EXE), virus protection (VSAFE.COM) diadopsi dari yang Central Point PC Tools. Selain ITU utilitas Juga ada untuk melakukan defragmentasi hard disk (Defrag.exe) diadopsi dari yang Symantec Norton Utilities disk utilitas memeriksa untuk dari kesalahan penempatan Berka give kerusakan (SCANDISK.EXE) sebagai pengganti CHKDSK.EXE give dari berbagai perbaikan utilitas Yang ada sebelumnya.
Pada MS-DOS version 6.0 utilitas Juga ini yang dapat membuat menyertakan penempatan Berka denga nama menjadi Lebihan efisio DoubleSpace. akan tetapi, paten yang memiliki sebuah perusahaan tentang hal tersebut sehingga menjadi marah ke Hijau menuntut Microsoft Barrancabermeja. Microsoft gives utilitas pun pun DoubleSpace Kalah Dari dicabut DOS 6.20. Tahuna Akhir 1994, Microsoft DOS 6.20 merevisi denga utilitas Serup paten melanggar tetapi tidak orang nama remained denga DriveSpace. Ini Adalah MS-DOS MS-DOS version 6.22.
MS-DOS version 7.xx
MS-DOS version 7.0 Bulan ini Hanya beberapa dirilis meluncurkan sebelum Microsoft Windows 95, Windows sebuah version yang Benar Benar dari independence MS-DOS. Sebenarnya, 100% Windows 95 tidaklah Benar Benar-Bebas dari MS-DOS, Saja fungsionalitas Hanya beberapa yang memang sebelumnya oleh ditangani core MS-DOS, Windows sekarang ditangani olé. Berka MSDOS.SYS pada yang sebelumnya Adalah version version-hook Berka (program), Hanya sekarang Berka bias teks, yang tentang proses booting komputer Berisi Saja give baris Berisi berbagai macam  xxx  denga fungsi yang tidak attach them.
Peningkatan Banyak yang Tidak terjadi pada DOS 7.00 Karena beberapa fungsi ini ke yang Telah dipindahkan Windows 95. Adalah sebuah Windows 95 Windows version denga tambahan give Win-32 API didesain Ulang yang desktop. Pusat memiliki kontrol Windows 95 Start menu dari pada pojok tombola Bawah Layar kiri Anda monitor. Bered Ketika baru 2 Bulan, Konon sangat sekali mendapatkan Microsoft Untung kissing, Windows 95 Lebihan Karena Telah Hinggan terjual dari 7 juta kopi.
Ketika meluncurkan Microsoft Windows 98, Microsoft Juga menjadi merevisi DOS version 7.10 denga dukungan untuk Sistem yang Jauhar Lebihan FAT32 Berka Berka efisio Sistem daripada FAT16. Dimiliki yang Fungsionalitas MS-DOS 7.10 dipangkas Banyak pun. Hasilnya, Tahuna pada Akhir 1999, Microsoft Windows meluncurkan version Baru, Dengar nama kode Georgia (Windows Millennium Edition) tanpa yang Benar Benar-DOS!
Sebenarnya, Sistem Operasi yang Benar Benar-DOS tanpa pernah sebelumnya dibuat oleh denga Microsoft Windows NT, Windows NT ditujukan Saja Hanya untuk minicomputer Kalanga, Jaring server, mainframes, workstations are Juga. Rumit yang sangat Penggunaannya menjadikannya diadopsi oleh para Pemulen Sulit di bidang komputer.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Pages

Sandiah Notes Template Sandroid11.blogspot.com.